Wednesday 5 March 2014

Teori Atom dari Masa ke Masa

Posted by de Fairest at 11:05
Materi/zat terbentuk dari sejumlah senyawa/molekul dan unsur-unsur. Unsur terdiri dari partikel-partikel kecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi., dikenal dengan atom.

Beberapa perkembangan teori atom, antara lain :
Leukippos, filosof Yunani (berasal dari kota Meletos) adalah orang yang pertama kali mengajarkan tentang atom. Ia berpendapat bahwa atom adalah bagian terkecil dari segala benda.
Leucippe (portrait).jpg
Leukippos
  • Democritus (460-360 SM), murid Leukippos menyatakan semua materi dapat dipecah menjadi zarah (partikel) terkecil yang tidak dapat dipecah lebih lanjut. Partikel tersebut berada pada gerakan yang konstan, tetapi dapat bergabung. Baginya, alam ini merupakan atom-atom dengan gerakannya. Atom-atom itu jumlahnya banyak sekali, tidak dapat dilihat, tidak dapat dimusnahkan, abadi, tidak dapat ditembus, dan terdapat ruang kosong di antara atom-atom tersebut. Sifat atom suatu benda berbeda karena jumlah dan susunan (bentuk, ukuran, dan berat) atomnya berbeda.  Atom berasal dari kata atomos, yaitu a berarti tidak dan tomos berarti memotong (tidak terpotong; tidak dapat terbagi)
    Democritus
  • Atom dikenalkan oleh anak seorang pembuat kain tenun yang miskin di desa Eaglefield, Inggris bernama John Dalton (1766-1844). Pada tahun 1808 dalam New System of Chemical Phylosophy, teori tentang atom dikembangkan sebagai dasar untuk menerangkan peristiwa kimia (kuantitatif), susunan zat dan hukum yang berhubungan dengan reaksi kimia dan ilmu fisika.
John Dalton by Charles Turner.jpg
 John Dalton
John Dalton mengemukakan dua gagasan, yaitu :1. Melibatkan kejadian/proses reaksi kimia (seperti proses fisis)2. Berasumsi dengan menggunakan data kuantitatif
Pendapat yang dikemukakan John Dalton dalam teori atomnya adalah :a. unsur terdiri dari partikel-partikel kecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi yang disebut atomb. atom tetap memiliki sifatnya sendiri dalam segala perubahan kimiac. semua atom unsur yang sama mempunyai bobot yang sama.   Unsur yang berlainan mempunyai bobot atom yang berbeda maka setiap unsur mempunyai bobot yang berbeda juga.d. Reaksi kimia adalah reaksi penggabungan atom, setiap atom akan berada dalam perbandingan yang sederhana 
Keunggulan model atom Dalton, yaitu dilandasi fakta-fakta temuan eksperimen berdasarkan hukum massa (Lavoisier) dan hukum perbandingan tetap (Proust).
Proust joseph.jpg
Joseph Proust
Antoine lavoisier color.jpg
Antoine Lavoisier


















  • Partikel dasar penyusun atom, isotop dan gejala listrik pada tahun 1897 diteliti oleh J.J Thompson (pemenang hadiah nobel bidang fisika tahun 1906) dan R. Milikan (penentuan massa dan muatan elektron). Menurut J.J Thompson, pada atom terdapat elektron-elektron yang tersebar secara merata dalam bola yang bermuatan positif sehingga keseluruhannya bersifat , mirip seperti roti kismis (plum pudding)
  • J.J Thomson.jpg
    Joseph John Thomson
  • Sifat dan struktur atom dikembangkan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911 (pemenang nobel bidang kimia tahun 1908). Ernest Rutherford menemukan bukti bahwa di dalam atom terdapat inti atom yang bermuatan positif (Goldstein menamakannya proton) dan partikel-pertikel netral (Chadwick menamakannya neutron) yang berukuran lebih kecil dari ukuran atom. Penemuan inti atom ini memperbaiki model atom Thomson.
    Ernest Rutherford.jpg
    The Lord Rutherford of Nelson
    Menurut Rutherford, atom terdiri atas inti bermuatan positif yang berada pada pusat atom. Elektron bergerak mengelilingi inti tersebut, seperti planet-planet mengelilingi matahari sebagai sistem susunan tata surya.
  • Neils Bohr pada tahun 1913 (pemenang hadiah nobel bidang fisika dan kimia tahun 1922) mengajukan suatu model atom berdasarkan spektra atom hidrogen. Model atom Neils Bohr menjelaskan mengapa elektron tidak dapat jatuh ke inti atom sebagai akibat gerakan mengelilingi inti (teori klasik Maxwell).
    1.    Elektron-elektron bergerak mengelilingi inti dengan orbit atau lintasan, seperti satelit. Gerakan elektron tersebut hanya pada orbit tertentu. Jika elektron-elektron bergerak pada lintasannya (dalam keadaan stasionernya) maka tidak akan terjadi pemancaran energi
    2.      Jika suatu atom memancarkan energi atau menyerap energi (eksitasi) maka pemancaran terjadi dalam kuanta (kuantum) yang besarnya tertentu)
    3.   Elektron bergerak mengelilingi ini dalam orbit berupa kulit-kulit elektron atau awan elektron (K,L,M,N,O, P dan Q)
    Head and shoulders of young Niels Bohr in a suit and tie
    Neils Bohr

  • Model atom mekanika kuantum atau mekanika gelombang yaitu model atom yang memberikan gambaran tentang kebolehjadian (probabilitas) suatu elektron. Probabilitas tersebut ditemukan dalam ruang tertentu di seputar inti atom yang disebut orbital (Werner Heisenberg, 1927). Selain dapat dipandang sebagai gelombang, elektron juga dipandang sebagai partikel (Louis de Broglie, 1924). Elektron dalam atom dapat digambarkan sebagai awan muatan negatif.
    Broglie Big.jpg
    Louis de Broglie

    Bundesarchiv Bild183-R57262, Werner Heisenberg.jpg
    Werner Heisenberg














  • Erwin Schrodinger (1927) menyusun model atom mekanika kuantum dan konsep orbital. Pada susunan tersebut, terdapat kebolehjadian untuk menenmukan elektron dalam atom. Elektron tidak mempunyai lintasan yang pasti sehingga dapat ditemukan di mana saja pada sekitar inti. Jarak probabilitas untuk menemukan elektron paling besar sama dengan jarak lintasan elektron menurut Neils Bohr. Elektron dalam atom berada pada orbital yang merupakan bagian terkecil dari tingkat energi elektron. 
    Erwin Schrödinger.jpg
    Erwin Schrodinger

0 comments:

Post a Comment

 

de Chemistry Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review