Friday 21 March 2014

Penentuan Jumlah Proton, Neutron dab Elektron Suatu Atom, Nomor Atom (Z) dan Nomor Massa (A)

Posted by de Fairest at 06:16
  1. Nomor Atom (Z) merupakan ciri khas dari setiap atom suatu unsur yang menunjukkan jumlah proton dalam satu atom. Ini berarti atom yang sama mempunyai nomor atom dan jumlah proton yang sama juga. Jika nomor atomnya berbeda maka jenis atom dan jumlah protonnya juga berbeda.

    Contoh :
    Atom hidrogen (1H) mempunyai nomor atom 1, sedangkan atom oksigen (8O) mempunyai nomor atom 8. Hal ini menunjukkan bahwa atom hidrogen mempunyai 1 proton, sedangkan oksigen mempunyai 8 proton. Proton merupakan satu-satunya partikel bermuatan dalam inti atom sehingga nomor atom menyatakan muatan intinya. Jika atom hidogrn empunyai 1 proton maka inti atom hidrogen bermuatan +1. Inti atom oksigen bermuatan +8 karena mempunyai 8 proton.
    Jumlah proton sama dengan jumlah elektron untuk atom netral sehingga nomor atom juga menyatakan jumlah elektron. Jika atom hidrogen mempunyai nomor atom 1 maka jumlah elektron semua atom hidrogen adalah 1. Jadi, jumlah elektron sesuai dengan nomor atomnya berlaku untuk atom lainnya.
  2. Nomor Massa (A) ditentukan oleh jumlah proton dan neutron, bukan jumlah elektron. Ini karena massa elektron sangat kecil dibandingkan dengan massa proton atau neutron. Karena massa proton dan neutron mendekati 1 sma maka massa atom selalu mendekati bilangan bulat atau sama dengan nomor massanya dalam satuan sma (satuan massa atom atau amu = atomic mass unit).
    contoh :

    Atom dapat kehilangan sebagian elektron atau menerima tambahan elektron tanpa mengubah jenis atomnya. Atom yang kehilangan elektron membentuk atom yang bermuatan positif (ion positif), sedangkan atom yang mendapat tambahan elektron berubah menjadi atom yang bermuatan negatif (ion negatif)
    contoh :
    Oksigen mempunyai nomor atom 8. Artinya, atom oksigen mempunyai 8 proton dan 8 elektron.
    Ion O2- mempunyai 8 proton dan 10 elektron
    Ion Natrium Na(Z=11) mempunyai 11 proton dan 10 elektron.

0 comments:

Post a Comment

 

de Chemistry Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review